RANCANGAN UI/UX SISTEM IMUNISASI ANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
RANCANGAN UI/UX SISTEM IMUNISASI ANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Kata Kunci:
Kata kunci: Imunisasi, Metode Design Thinking, E-Health, UI/UXAbstrak
Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat termasuk bidang kesehatan yang menerapkan penggunaan komputer dalam kegiatannya atau yang biasa dikenal dengan istilah E-Health. E-Health dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan baru yang memiliki inovasi dalam pertukaran informasi medis, kesehatan masyarakat dan hal-hal yang berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi,salah satu nya adalah imunisasi. Penelitian ini akan berfokus pada rancangan UI dan UX dengan menggunakan metode design thinking. Penggunaan metode design thinking akan mengadaptasi metode yang biasa diterapkan oleh desainer menggunakan prosedur iteratif dalam pemikiran desain dari pernyataan masalah hingga solusi masalah. Tujuannya adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin sehingga ditemukan permasalahan dan solusi terbaik untuk masalah tersebut. Metode ini akan dimulai dengan tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Prototipe yang telah dirancang menggunakan Figma kemudian diuji kepada 5 penguji dengan menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji dengan total nilai 86 dan disimpulkan acceptable, grade scale B dan adjective rating adalah excellent.
Referensi
Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/13234%0Ahttps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/download/13234/5717
Darmawan, R. D., & Rohman, H. (2022). Peningkatan Performa Pengalaman Pengguna Aplikasi Seluler Ajaib dengan Pendekatan Design Thinking dan Pengujian A / B Studi Kasus UX Terhadap Ajaib - Platform Investasi Daring. 4(1), 1–10.
Habib, M., Chatib, F., Tolle, H., & Fanani, L. (2022). Perancangan User experience Aplikasi Mobile Fitur Asuransi Jago Last Wish menggunakan Pendekatan Design Thinking ( Studi Kasus Magang di PT . Impact Byte Teknologi Edukasi Challenge Partner Bank Jago ). 6(7), 3541–3550.
Irsan, M. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi Pemerintahan. Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 1(1), 115–120. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/9984/9752
Karina, A. N., & Warsito, B. E. (2012). Pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar balita. Jurnal Nursing Studies, 1, 30–35.
Lazuardi, I., & Aditya, D. K. (2021). Perancangan Aplikasi Mobile sebagai Informasi Pertolongan Mobile Application Design as Information Media for First AID in a Traffic Accident. E-Proceending of Art & Design, 8(2), 60–68.
Lutfi, L., & Sukoco, I. (2019). Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi. Organum Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 02(01), 1–11. https://doi.org/10.35138/organu
Muzakir, A. (2018). Prototyping Aplikasi E-Health sebagai Bagian Pengenalan Obat-Obatan Dengan Teknologi Cross-Platform. V(01). http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/653
Putri, J. M., Krisnanik, E., Nurramdhani, H., Tjahjanto, T., & Mahdiana, D. (2022). Analisis dan Perancangan User Interface dan User Experience BNI Life Mobile dengan Metode User Centered Design. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 18(1), 34. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.