https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/issue/feed MAORA 2024-10-10T08:43:25+00:00 Open Journal Systems <p><strong>Maora</strong> adalah jurnal Prodi Manajemen Informatika Universitas Al-Khairiyah yang memuat publikasi penelitian dibidang <strong>Sistem Informasi Manajemen, </strong><strong>Business Intellegence, </strong><strong>Business Analyst, E-Commerce</strong> diterbitkan oleh diterbitkan oleh LPPM universitas Al-Khairiyah 2 kali dalam 1 tahun atau 1 kali setiap semesternya. Terbit di setiap Bulan Juli dan Bulan Desember</p> https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/article/view/66 SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. IDELIAR MULTI KREASI MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE) BERBASIS WEB 2024-01-15T06:59:43+00:00 Fenny Fadilah fennyfadilah@gmail.com <p>Kemampuan dan kinerja seorang Karyawan dalam sebuah perusahaan tentu mempunyai karakter yang berbeda-beda. Jika penilaian di lakukan secara satu persatu dan bertahap tentu akan memakan banyak waktu yang dan mengurangi mobilitas pekerjaan terutam pekerjaan yang dilakukan di lapangan. Dengan adanya teknologi yang semakin pesat, maka perusahaan akan dapat menyingkat waktu dengan baik dan dapat meningkatkan kinerja dalam suatu perusahaan yang ada di PT. Ideliar Multi Kreasi tersebut. PT. Ideliar Multi Kreasi merupakan perusahaan swasta yang pada awal berdiri merupakan perusahaan (CV) didirikan berdasarkan akte notaris no.84 tanggal 30 September 2009 dengan notaris Muhammad Isyah, S.H selanjutnya status perusahaan di tingkatkan menjadi Perseroan Terbatas (PT) dengan akte notaris Muhammad Isyah, S.H no.45 tanggal 21 Januari 2014. Dan PT. Ideliar Multi Kreasi sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Outsourcing, Labour Supply, Cleaning Service, Civil &amp; Kontruksi, Mechanical &amp; Electrical. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menemukan beberapa kendala yang terjadi pada PT. Ideliar Multi Kreasi tersebut. Salah satu kendala yang terjadi pada PT. Ideliar Multi Kreasi tersebut adalah sistem penilaian yang dilakukan pimpinan kepada karyawan masih dalam bentuk manual dan catatan yang mengakibatkan seringnya terjadi kehilangan data. Oleh karena itu, melalui penulisan Tugas Akhir (TA) ini, penulis membuat sistem yang semoga dapat membantu PT. Ideliar Multi Kreasi dalam melakukan penilaian sistem kinerja karyawan secara terkomputerisasi menggungakan web. Dengan diambilnya judul Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Ideliar Multi Kreasi Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribut Rating Technique) Berbasis Web ini diharapkan dapat membantu dalam proses penilaian kinerja karyawan serta dapat meningkatkan efektivitas kinerja karyawan pada PT. Ideliar Multi Kreasi.</p> 2024-01-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/article/view/70 SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA GURU BERBASIS WEB DI SMK YP 1 KRAMATWATU 2024-01-15T09:11:24+00:00 Roy Amrullah roy.amrullah@gmail.com <p>Implementasi SIDAGU (Sistem Informasi pengelolaan Data Guru berbasis web di smk yp fatahillah 1 kramatwatu”. Dosen Pembimbing I Roy&nbsp; Amrulllah Ritongga M.Kom. Dosen Pembimbing II Ofah Musyarrofah.,S.Kom.,M.TI. Tahun 2023-2024&nbsp;</p> <p>Sistem informasi pengelolaan data guru dapat diartikan suatu proses tata kelola data guru&nbsp; atau dokumen yang tidak lagi menggunakan cara-cara manual, namun dengan menerapkan teknologi sebagai penunjang kegiatan untuk mempercepat proses pengeloaan data menjadi informasi, akses informasi akses informasi yang cepat, dan akurat serta pengamanan penyimpanan dokumen yang lebih baik. Dalam rangka menciptakan pengelolaan data guru yang terpadu maka akan dilakukan Sistem pengeolaan data guru atas suatu kebijakan yang akan di tuangakan dalam suatu keputusan sebelum diedarkan atau didistribusikan kepada lembaga atau institusi yang bersangkutan sampai dengan menarik kembali dokumen tersebut karena sudah tidak valid atau kedaluarsa yang disebabkan adanya keputusan baru yang menggantinya&nbsp; sistem yang dilakukan adalah mempelajari sistem pembuatan surat sistem pengelolaan data guru khususnya di SMK YP Fatahillah 1 kramatwatu. dimana sistem informasi yang kurang dalam sub menu dan format informasinya yang belum lengkap, sehingga harus memakai waktu lebih lama dalam pengelolaan data guru karna harus membuat konsep data guru secara manual terlebih dahulu.. Diharapkan dengan hasil sistem ini, kemudian dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya apada akhirnya akan dapat dikembangkan suatu sistem informasi berbasis web agar sistem data guru ini dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Tujuan dilakukkan sistem ini untuk mendukung penanganan berbagai permasalahan pada proses pengelolaan data guru yang dibutuhkan sekolahan.</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 MAORA https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/article/view/69 SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM KIMIA PADA GUDANG SMK KIMIA PGRI KOTA SERANG 2024-01-15T08:28:54+00:00 Fenny Fadilah fennyfadilah@gmail.com <p>SMK Kimia PGRI Kota Serang merupakan sebuah lembaga pendidikan menengah kejuruan&nbsp; yang&nbsp; berfokus pada&nbsp; jurusan kimia yang mana informasi mengenai data alat dan bahan kimia merupakan suatu hal yang sangat penting di laboratorium guna mengetahui jenis, jumlah dan kapan masa kadaluarsa suatu bahan kimia yang ada dan berapa jumlah alat dan bahan kimia yang diperlukan untuk saat ini dan pada saat yang akan datang. Proses pendataan dan pengelolaan alat dan bahan kimia di SMK Kimia PGRI Kota Serang belum terorganisir&nbsp; dengan&nbsp; baik&nbsp; dimana&nbsp; setiap&nbsp; pendataan alat dan bahan kimia di gudang sudah terkomputerisasi tetapi belum maksimal dan menempelkannya pada kaca lemari sebagai informasi kepada siswa yang ingin melakukan kegiatan dengan menggunakan laboratorium kimia sehingga sering terjadi ketidaksesuaian dengan data petugas gudang karena data tidak terupdate setiap waktu sehingga data tidak sesuai pada saat dibutuhkan. Oleh karena itu di perlukan suatu sistem informasi pengelolaan alat dan bahan laboratorium kimia. Metode perancangan sistem ini menggunakan metode <em>waterfall </em>sebagai metode perancangan perangkat lunaknya, adapun struktur dari sistem ini dibuat menggunakan alat bantu perancangan diantaranya <em>Flowmap, UseCase, Sequnce, Activity, Class Diagram</em>, <em>ERD</em>, Normalisasi, Struktur Data dan HIPO. Sistem ini akan mempermudah pengolahan data yang terkomputerisasi yang dapat diakses secara cepat dan efisien dalam</p> <p>pengolahan data alat dan bahan kimia dan rekapitulasi data alat dan bahan kimia. Hasil penellitian yaitu menggunakan Sistem Informasi pengeolaan barang ini nantinya akan mempermudah petugas dalam mengelola stok barang karena sistem ini menghasilkan laporan yang terdiri dari persediaan barang, pengadaan barang dan Sistem Informasi ini nantinya akan memberikan interaksi aktif antara petugas gudang dan kepala sekolah SMK Kimia PGRI Serang.</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/article/view/78 SISTEM INFORMASI AUDIT INTERNAL SOP BERBASIS WEB PADA PT. INTEGRASI PRODUKTIVITAS INDONESIA 2024-01-16T04:45:44+00:00 Ofah Musyarrofah sayidamusyarrofa@gmail.com <p>Perkembangan teknologi saat ini telah memberi pengaruh yang sangat besar bagi dunia teknologi informasi. Berbagai perkembangan teknologi ini memberikan dampak pada perusahaan melakukan pergeseran dari sistem manual ke sistematis sehingga penyimpanan data dan proses kegiatannya menjadi lebih efektif dan efisien. Audit internal pun diperlukan sistem informasi yang dapat membantu mempermudah proses kegiatan audit. Pada PT. Integrasi Produktivitas Indonesia ini masih dilakukan secara manual atau belum tersistem sehingga menyulitkan atau menghambat dalam hasil audit sehingga kegiatan audit&nbsp; internal masih belum efektif dan efisien. Maka dibuatlah penelitian dengan judul “Sistem Informasi Audit Internal Standar Operasional Prosedur (SOP) berbasis <em>web</em> pada PT. Integrasi Produktivitas Indonesia”.&nbsp; Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi audit internal berbasis <em>web</em> untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dalam perancangan ini menggunakan bahasa pemograman <em>PHP</em> dan <em>database</em> <em>MySQL</em>. Pada penelitian ini juga menggunakan metode penulisan kualitatif dan menggunakan metode perancangan yaitu metode <em>waterfall</em> dan untuk pengujiannya menggunakan <em>black box testing</em>. Informasi yang dihasilkan adalah mengenai hasil penilaian audit yang berupa laporan hasil audit internal.</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/article/view/79 SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) BERBASIS WEB DI SMKS YP 17 CILEGON 2024-01-16T05:05:24+00:00 Ofah Musyarrofah syidamusyarrofah@gmail.com Ainin Najmi aininnajmi@gmail.com <p>Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa berbasis WEB dapat diartikan sebagai suatu proses pengelolaan dokumen PKL siswa yang tidak lagi menggunakan cara manual, namun dengan menerapkan teknologi sebagai penunjang kegiatan untuk mempercepat proses pengelolaan data menjadi informasi, akses informasi yang cepat, dan akurat serta pengamanan penyimpanan dokumen yang lebih baik. SMKS YP 17 Cilegon belum memiliki sistem untuk mengelola dokumen PKL siswa. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu belm terintegrasinya sistem, sumber daya manusia dan fasilitas.</p> <p>SIM PKL (Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan) adalah sebuah sistem informasi berbasis WEB yang didesain untuk melakukan pengelolaan PKL secara menyeluruh mulai dari fungsi penginputan data siswa PKL, Pemindahan Arsip dokumen PKL dan pemberian sertifikat secara langsung yang dapat terintegrasi dengan seluruh unit kerja yang berkaitan langsung dengan sekolah</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/ma/article/view/80 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI PRASARANA BERBASIS WEB PADA SMK YP FATAHILLAH 2 CILEGON 2024-01-16T05:19:11+00:00 Roy Amrullah roy.amrullah@gmail.com Fenny Fadilah fennyfadilah@gmail.com <p>Sekolah merupakan salah satu tempat dimana anak dapat belajar untuk membuka pikirannya dan untuk mencapai tujuan tertentu yaitu pendidikan. keberhasilan program pendidikan dalam belajar mengajar sangat di pengaruhi beberapa faktor seperti siswa, kurikulum, pendidikan dan tenaga kependidikan, dana, saran dan prasarana dan faktor lingkungan. Kebutuhan prasarana sangat perlu dilaksanakan dalam menunjang keterampilan siswa agar siap bersaing terhadap pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Dalam penyelenggaran Pendidikan prasarana sangat dibutuhkan untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Adapun beberapa masalah kehilangan barang dan kesalahan saat pencatatan pengembalian aset menjadikan masalah dalam Inventarisasi menjadi lebih rumit. Dan untuk itu proses pengolahan data Inventarisasi tentunya harus dibantu dengan sebuah sistem yang mampu mencatat dengan lebih cepat dan efisen serta menghemat kertas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Inventarisasi berbasis website pada SMK YP Fatahillah 2 Cilegon, dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu Waka dan Staf Sarana Prasarana mulai dari proses pencarian barang, perekapan laporan hingga mengelompokkan data sarana prasarana. Selain itu mempermudah mengakses dalam peminjaman maupun pendataan Inventarisasi yang terhambat ini. Metode yang digunakan pada perancangan sistem ini ialah metode waterwall yang ada beberapa proses diantaranya: Analisis masalah, perancangan <em>design, </em>perancangan coddingan, pengujian sistem, implementasi, maintenance. Sistem informasi ini dibangun berbasis web dengan menggunakan perograman <em>PHP, HTML, CSS(Bootsrap) </em>dengan<em> basis data MySQL.</em></p> <p>Sekolah merupakan salah satu tempat dimana anak dapat belajar untuk membuka pikirannya dan untuk mencapai tujuan tertentu yaitu pendidikan. keberhasilan program pendidikan dalam belajar mengajar sangat di pengaruhi beberapa faktor seperti siswa, kurikulum, pendidikan dan tenaga kependidikan, dana, saran dan prasarana dan faktor lingkungan. Kebutuhan prasarana sangat perlu dilaksanakan dalam menunjang keterampilan siswa agar siap bersaing terhadap pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Dalam penyelenggaran Pendidikan prasarana sangat dibutuhkan untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Adapun beberapa masalah kehilangan barang dan kesalahan saat pencatatan pengembalian aset menjadikan masalah dalam Inventarisasi menjadi lebih rumit. Dan untuk itu proses pengolahan data Inventarisasi tentunya harus dibantu dengan sebuah sistem yang mampu mencatat dengan lebih cepat dan efisen serta menghemat kertas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Inventarisasi berbasis website pada SMK YP Fatahillah 2 Cilegon, dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu Waka dan Staf Sarana Prasarana mulai dari proses pencarian barang, perekapan laporan hingga mengelompokkan data sarana prasarana. Selain itu mempermudah mengakses dalam peminjaman maupun pendataan Inventarisasi yang terhambat ini. Metode yang digunakan pada perancangan sistem ini ialah metode waterwall yang ada beberapa proses diantaranya: Analisis masalah, perancangan <em>design, </em>perancangan coddingan, pengujian sistem, implementasi, maintenance. Sistem informasi ini dibangun berbasis web dengan menggunakan perograman <em>PHP, HTML, CSS(Bootsrap) </em>dengan<em> basis data MySQL.</em></p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024