Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Peserta Didik Pada Tata Tertib Sekolah

Authors

  • Rudi Hartono STIT Al-Khairiyah Cilegon
  • ISusi STIT Al-Khairiyah Cilegon

Keywords:

Akidah Akhlak, kepatuhan, tata tertib

Abstract

Akidah dan akhlak memiliki peran penting dalam pengembangan diri peserta didik guna membentuk pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Pembelajaran akidah akhlak tidak hanya mengajarkan tentang agama, tetapi juga mengarahkan peserta didik untuk memperkuat keyakinan iman, takwa, dan akhlak mulia. Selain itu, pembelajaran ini bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang cerdas, terampil, berbudi luhur, dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat, demi meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Akidah akhlak memainkan peran kunci dalam membentuk anak-anak Indonesia menjadi pribadi yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Muhtadin dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan Teknik random sampling, dengan 34 siswa sebagai respondennya. Analisis yang digunakan ialah analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%.

Selanjutnya hasil analisis dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Fhitung (7,67) > Ftabel (4,15), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib di MTs Nurul Muhtadin. Adapun data hasil penelitian dari uji koefisien determinasi menunjukan bahwa pembelajaran akidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib di MTs Nurul Muhtadin yang memperoleh nilai sebesar 21,9%, Adapun sisanya yakni 78,% dipengaruhi oleh faktor lain yang harus diteliti lebih lanjut.

References

Chalik, A. (2014). Pengantar Studi Islam: cet.6. Surabaya.Kopertais IV Pres.

Huda, M. (2019). Pengaruh Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Di Mts Muallimin Katekan Temanggung.

Iqbal, Y. (2017). Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Tata Tertib Peserta Didik Mts Raudhatul Ulum. UIN Raden Intan

Madrasah, D. K., Jenderal, D., Islam, P., Agama, K., & Indonesia, R. (2019). KEPUTUSAN MENTERI AGAMA TENTANG.

Nurbaya, N. (2011). Korelasi Pemahaman Materi Akidah Akhlak dan Ketaatan tata Tertib Sekolah di MI Guppi Lisu Kecamatan Lalalabata Kabupaten Soppeng.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23 ed.). Alfabeta.

Suyono, I. (2017). Aqidah Akhlak. Jurnal Ilmiah, 10(2), 100–141.

Ulfayati, Z. A. (2022). Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap ketaatan menjalankan tata tertib siswa MIN 1 Kota Surabaya

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Rudi Hartono, & ISusi. (2024). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kepatuhan Peserta Didik Pada Tata Tertib Sekolah. Sedanten, 1(1), 23–34. Retrieved from https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/sedanten/article/view/299