ANALYSIS OF PURCHASE INTENTION FACTORS AND BUSINESS STRATEGY DESIGN AT TUTORING INSTITUTIONS

Penulis

  • Febrian Krisnawati Universitas Al-Khairiyah
  • Ardhianiswari Diah Ekawati Universitas Bina Nusantara

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan calon siswa dalam memilih Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) di era Pendidikan 4.0, serta merancang strategi bisnis berkelanjutan bagi LBB. Penelitian dilakukan di Kota Cilegon, Indonesia, dengan melibatkan 400 orang tua siswa dari tiga sekolah unggulan dan lima perwakilan manajemen dari berbagai LBB, menggunakan metode quota sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) berbasis varians dengan bantuan SmartPLS 3.0, serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat faktor utama yang memengaruhi niat beli adalah harga, personalisasi, reputasi, dan inovasi teknologi. Berdasarkan analisis SWOT, strategi SO (Strengths-Opportunities) dan ST (Strengths-Threats) direkomendasikan untuk memperkuat daya saing LBB. Strategi tersebut meliputi pengembangan program bimbingan yang inovatif, pemantauan berkelanjutan terhadap kurikulum, serta produksi konten digital berkualitas tinggi. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi pemilik LBB untuk memahami perilaku konsumen secara lebih mendalam dan menyesuaikan layanan mereka guna menarik dan mempertahankan klien. Penelitian ini juga memberikan implikasi praktis dan rekomendasi untuk pengembangan LBB tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga secara global.

 

Kata kunci : Strategi Bisnis; PLS-SEM; Niat Pembelian; SWOT; Lembaga Bimbingan Belajar

 

Diterbitkan

2025-06-29

Cara Mengutip

Febrian Krisnawati, & Ardhianiswari Diah Ekawati. (2025). ANALYSIS OF PURCHASE INTENTION FACTORS AND BUSINESS STRATEGY DESIGN AT TUTORING INSTITUTIONS. SISPROTEK, 3(02), 23–29. Diambil dari https://ejurnal.unival-cilegon.ac.id/index.php/sisprotek/article/view/412