PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO UWAIS DI KOTA CILEGON
Kata Kunci:
digital marketing, promosi penjualan, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "pengaruh digital marketing dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada Toko Uwais di Kota Cilegon." Dalam era digital yang semakin berkembang, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Pemasaran digital (digital marketing) telah menjadi salah satu strategi penting yang diterapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan mencapai konsumen dengan lebih efektif. Di sisi lain, promosi penjualan juga merupakan elemen kunci dalam menarik minat dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa berpengaruh digital marketing dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada Toko Uwais di Kota Cilegon, analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survei terhadap 128 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk kuesioner. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, korelasi berganda, regresi berganda dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai thitung > ttabel (2,397 > 1.657) dan nilai signifikan 0,018 < α (0,05), maka H0 ditolak Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel digital marketing (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Selanjutnya, nilai thitung > ttabel (5.207 > 1.657) dan nilai signifikan 0,000 < α (0,05), maka H0 ditolak Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel promosi penjualan (X2) terhadap keputusan pembelian (Y).
