PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN DISPARITAS HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN KULIT LUMPIA ZAHRA KOTA CILEGON
Keywords:
sosial media, disparitas harga, volume penjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sosial Media Dan Disparitas Harga Terhadap Volume Penjualan Kulit Lumpia Zahra Kota Cilegon. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, mengembangkan kegiatan usahanya dan meningkatkan laba perusahaan serta memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif deskriptif, Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivesme. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Toko Kulit Lumpia Zahra yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 96 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah Pengujian Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda Analisis Koefisien Korelasi, determinasi dan pengujian hipotesis uji T dan F. Berdasarkan hasil uji diketahui bahwa hipotesis pertama nilai thitung > t-tabel (2,504 > 1,985) dan nilai signifikan 0,014 < ɑ (0,05), maka H0 ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel sosial media (X1) terhadap volume penjualan (Y). Hipotesis kedua nilai thitung > t-tabel (2,358> 1,985) dan nilai signifikan 0,020 < ɑ (0,05), maka H0 ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel disparitas harga (X2) terhadap volume penjualan (Y). Hipotesis ketiga diperoleh F-hitung (10,256) > F-tabel (3,09), karena F-hitung > F-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa secara simultan (bersama–sama) terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel sosial media dan disparitas harga terhadap volume penjualan.

